Selasa, 02 Januari 2018

Inovasi Yang Ingin Kubuat


Inovasi Yang Ingin Kubuat 
Dalam 5 Tahun ke Depan

     Dalam era sekarang dimana teknologi berkembang pesat tak diragukan kalau masing masing kita besar memimpikan untuk membuat "Inovasi" tentang apa yang ingin kita buat secara pribadi. Keinginan ini juga lahir dalam diri saya dan pada tulisan saya kali ini saya ingin membagikan sedikit tentang inovasi yang ingin saya buat dalam 5 tahun ke depan ini.
     Saya kepingin sekali membuat sebuah aplikasi yang mempermudah baik dari pihak buyer maupun seller dalam mengecek stock gudang dari toko tersebut misalkan kita ambil contoh sebuah apotik dimana saat ini buyer yang datang untuk membeli obat, mereka harus menanyakan terlebih dahulu ke seller tentang apakah obat yang buyer kepingin beli ada stocknya atau tidak dan berapa harga satuannya.Disini yang menjadi kendala menurut saya adalah banyaknya waktu yang terbuang ketika banyak customer atau buyer yang datang pada saat itu di toko tersebut dan karyawan yang ada di apotik itu tidak seimbang dengan para pembeli obat sehingga panjangnya antrian yang ada dalam apotik tersebut bisa kita bayangkan. Jadi pembeli harus mengambil tiket antrian dan menunggu agar dilayani oleh petugas apotik. 
     Seperti saya katakan banyak waktu yang terpakai ketika kita harus menunggu dan mengantri dimana sebenarnya hal ini dapat teratasi dengan adanya sebuah aplikasi yang dapat membantu si buyer untuk mengeceknya sendiri apakah obat yang ingin dia beli ada atau tidak dan berapa harga satuannya. Jika ada si buyer bisa langsung membeli obat itu tanpa harus mengantri. Ini keuntungan yang dapat dirasakan dari pihak si buyer. Kalau dari pihak penjual keuntungan yang didapatnya adalah mereka tidak perlu mengontrol setiap saat stock gudang yang ada dan harga eceran dari obat yang ingin dibeli oleh si pembeli. Transaksi pun juga akan cepat terproses dalam hal ini.
     Saya kepingin membuat sebuah aplikasi inovatif untuk mewujudkan impian saya yang tadi saya jelaskan di paragraf sebelumnya. Aplikasi yang dapat membaca barcode dari barang-barang yang dijual dalam toko itu misalkan saya bermimpi membuat aplikasi yang bisa di download oleh siapa pun dimana aplikasi ini dapat digunakan dalam radius tertentu untuk mengecek barang yang ingin kita beli dengan menggunakan handphone. 
     Jadi si pembeli tidak perlu mengantri hanya mendownload aplikasi tersebut dan mengarahkan handphone si pembeli seperti mau foto guna mengecek apakah barang yang dia cari ada di toko tersebut atau tidak. Jika ada si pembeli sudah dapat mengetahui sendiri harga satuan dari barang tersebut sehingga dia bisa langsung ke penjual untuk bertransaksi. Mungkin aplikasi itu dapat saya sedikit hal yakni setelah mengetahui ada barangnya dan si pembeli dapat memesannya dengan menggunakan aplikasi tersebut dimana pesanan pembeli berhubungan langsung dengan server si penjual. Jadi si penjual langsung dapat menyiapkan barang yang dibeli oleh si pembeli dan memanggil si pembeli jika barangnya sudah disiapkan untuk untuk bertransaksi di kasir. 
     Ini kali inovasi yang ingin saya buat dalam 5 tahun ke depan dan saya harap dapat membuatnya karena menurut saya transaksi yang ada di mana pun pada saat ini masih menyita banyak waktu seperti antrian yang panjang. Harap maklum saya sangat malas dalam hal mengantri walaupun kalau harus mengantri saya akan tetap mengantri.

1 komentar: