Minggu, 29 Oktober 2017

TUGAS SOFTSKILL 4 INOVASI & NEW TEKNOLOGI



 Apa Itu SEO, SEM, SMM, SMO



Kali ini saya akan membahas tentang SEO (Search Engine Optimization) , SEM (Search Engine Marketing), SMM ( Social Media Landscape) dan SMO (Social Media Optimization).

Apa itu SEO


 SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.Google mendefinisikan SEO sebagai suatu alat untuk meningkatkan pengunjung sebuah web dari mesin pencari. Tapi pada dasarnya SEO adalah sebuah proses untuk meningkatkan peringkat sebuah website melalui penelusuran pada mesin pencari. Selain itu perlu diingat betapa pentingnya ketepatan pemilihan kata kunci (keyword) untuk mencari website yang dibutukan dengan menggunakan mesin pencari tersebut.
   Untuk meningkatkan peringkat di hasil penelusuran dibutuhkan  2 area dasar yakni: on-page dan off-page. apa itu on-page dan off-page? itu adalah sebuah optimasi dimana optimasi on-page terpusat pada ragam elemen website yang membantu sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dan kode HTML. Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran lebih banyak backlink, yaitu tautan link menuju website yang sedang dioptimasi.

Pengertian SEM



SEm merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM merupakan teknik digital marketing yang berhubungan dengan SEO, riset, submit dan posisi dari sebuah situs web pada hasil pencarian Google untuk meningkatkan jumlah pengunjung. SEM mempunyai jangkauan yang lebih luas dari SEO. Perlu diingat dalam optimasi SEM dibutuhkan riset keyword, analisa kompetitif, serta posting berbayar untuk memperoleh traffik yang tinggi. 

Pengertian SMM

Hampir sama seperti SEM, SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing yang merupakan sebuah metode gratis atau berbayar untuk memperoleh traffik yang tertarget menuju website yang mengutamakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedln, You Tube, Google+ dan media sosial lainnya.
   SMM terbagi menjadi 2 yaitu:
1. Social Media Optimization (SMO);
2. Social Media Advertising (SMA).
SMO memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan jumlah trafik menuju website melalui aktivitasi sosial di dunia maya seperti blogging,update status di sosial media, dan lainnya. Sedangkan SMA memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan jumlah trafik yang tertarget sebuah website melalui layanan iklan dari jaringan sosial media. Metode ini mewajibkan pemilik website membayar layanan agar iklan promosi muncul di laman sosial media seluruh pengguna demi meningkatkan "nilai jual" dan pengikut (follower).

Pengertian SMO


   SMO singkatan dari Social Media Optimization. SMO merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan trafik yang tertarget menuju website melalui aktivitas media sosial. SMO menjadi salah satu cara SMM untuk menarik pengunjung melalui aktivitas media social. SMO melibatkan media sosial, blogging, sharing foto atau video serta RSS feed. Media yang digunakan untuk optimasi SMO seperti Facebook, Twitter, Instagram sebagai sumber trafik sekaligus backlink.
   
   Jadi jika kita ingin mendapatkan jumlah trafik yang tinggi dan mendongkrak angka penjualan, maka optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan.








1 komentar: