Minggu, 15 Oktober 2017

TUGAS I Softskill Inovasi SI



Pengertian, Manfaat dan Contoh dari Inovasi Sistem Informasi

Pengertian
Yang dimaksud dengan "Inovasi Sistem Informasi" adalah:
- inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal       sebelumnya. Dengan kalimat lain dapat kita simpulkan inovasi adalah suatu penemuan baru yang   dikembangkan sesuai kreativitas dari si orang yang mengembangkannya.
- sistem informasi adalah  aktivitas orang yang menggunakan  teknologi informasi untuk mendukung nya dalam operasi dan manajemen yang dikelolahnya. Dalam arti yang luas, sistem informasi  sering merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.  

Jadi inovasi sistem informasi adalah suatu kegiatan meneliti, mengembangkan atau pun merekayasa yang dilakukan dengan tujuan cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada dalam bidang sistem informasi.Contoh inovasi sistem informasi adalah sosial media yang sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook,twitter, snapchat, instagram, dan lain-lainnya. Ada yang berbasiskan video, gambar dan masih banyak lagi.. Sekarang semua bisa di update melalui sosial media.

Manfaat
Kurang lebih manfaat dari inovasi sistem informasi yang saya ketahui adalah:
- meningkatkan efisiensi operasional,
- memperkenalkan inovasi bisnis,
- membangun sumber-sumber informasi strategis,
- menghemat biaya.

Manfaat inovasi sistem informasi bagi perusahaan, untuk sebuah perusahaan, teknologi sangatlah penting dan dibutuhkan apalagi dalam pemrosesan data misalkan sebagai transaksi, promo,perhitungan gaji, kerja dan masih banyak lagi.

Contoh inovasi sistem informasi:
- seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama disana masih ada layanan ATM   dari bank tersebut, atau seseorang dapat tanpa perlu bertemu dengan orang yang dituju dengan       mentransfer uang tersebut ke rekening yasng lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi   dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
- Smartphone atau Gadget, android sekarang menjadi nomor 1 di dunia. Mulai dari harga yang 200.000 hingga yang sama seperti harga motor. Mulai dari yang hp yang jadul yang tidak ada kamera, yang ga bisa you tube sampai hp yang ada dual kamera. Atau RAM yang awalnya hanya untuk membaca tugas sampai sekarang untuk main game. Ya semua inovasi gadget ini akan terus berkembang. 
- Email merupakan hal yang lazim digunakan pada jaman sekarang dalam mengirim surat maupun menerima surat. Mungkin kita masih ingat pada zaman dulu orang mengirim pesan dengan menggunakan burung merpati. Berlahan-lahan cara ini mengirim pesan tidak lagi digunakan melainkan orang mengirim pesan lewat kantor pos kemudian dengan bwerkembangnya teknologi orang tidak lagi ke kantor kalau dia mau mengirim pesan tapi hanya dengan duduk di rumah dia bisa mengirim pesan melalui email. Surat pun cepat sampai dan tidak memboroskan waktu dalam mengirimkan surat.























1 komentar:

  1. tulisannya sudah cukup bagus, tetapi jangan lupa menyertakan sumber / referensi yaa..

    BalasHapus