Sabtu, 28 Oktober 2017

TUGAS SOFTSKILL 2



Perbandingan Antara Perkembangan Innovasi

Jaman sekarang pasti kita semua tidak kaget akan perkembangan teknologi yang semakin cepat misalkan tentang "Telepon Genggam" yang setiap tahun pasti mengeluarkan edisi terbarunya dan yang pastinya fitur-fitur di handphone ini semakin lengkap dan menggiurkan bagi para konsumennya. Handphone merupakan salah satu teknologi yang paling terkini dengan fungsi yang lebih dari sekedar nelpon saja. Mengapa? ya jelaslah HP sekarang benar-benar canggih dalam segi teknologi apalagi HP pelan tapi pasti mampu menyangi PC/Komputer dengan penggunaannya yang lebih efektif dan efisien. Bisa kita lihat dari sisi energi yang digunakan oleh HP dan juga mobilitasnya hingga kecepatan dalam mengakses dan memproses data.
Kembali ke topik pembahasan ane ingin membandingan teknologi zaman dahulu yang membantu manusia dalam berkomunikasi sudah tidak zaman di era sekarang karena salah satu alasannya  "teknologi yang berkembang pesat" di era sekarang yang bisa dikatakan teknologi ini memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Dengan kata lain teknologi di era sekarang memanjakan manusia dalam segala hal contohnya dalam berkomunikasi tentunya.

TEKNOLOGI ZAMAN DAHULU 
 Seperti pembahasan di atas handphone pada zaman dahulu belum ada, belum dikenal oleh orang untuk berkomunikasi. Ini ane berikan contoh alat komunikasi yang dipakai oleh orang zaman dahulu:
1. Kentongan



Kentongan adalah salah satu alat komunikasi yang ada dalam masyarakat di zaman dahulu. Biasanya kentongan ini digunakan jika ada sesuatu keadaan atau informasi yang penting yang harus disampaikan ke warga di zona itu misalkan seperti para hansip yang memukul kentongan yang dibawanya ketika terjadi kemalingan di sebuah rumah warga.

2. Merpati Pos


Untuk menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi. Merpati pos merupakan hewan yang mempunyai jasa kepada orang dulu. 

3. Pluit


Alat ini digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu misalkan di bidang olahraga peluit digunakan oleh wasit untuk berkomunikasi dengan pemain bola. 

TEKNOLOGI ZAMAN SEKARANG
Alat komunikasi yang digunakan pada era sekarang pastilah berbeda dengan zaman dahulu. Topik sebelumnya ane sudah bahas tentang alat komunikasi pada zaman dahulu dan sekarang ane akan bahas alat komunikasi di era sekarang. Ini contoh-contoh dari teknologi zaman sekarang yang membantu manusia dalam komunikasi:

1. Hand Phone


Handphone adalah teknologi yang cukup modern dan merupakan terobosan dalam komunikasi di masyarakat modern. Orang sekarang bisa saling berkomunikasi dengan orang lain dimana saja, asal ada sinyal yang bagus yang menghubungkannya. Seperti gambar di atas banyak sekali merek-merek yang ada dari merek yang tidak terkenal sampai merek yang terkenal.  Perkembangan handphone teruslah berkembang karena permintaan pasar yang cukup banyak.

2. E-MAIL


E-mail merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan oleh orang sekarang dan tentunya e-mail sekarang bervariasi misalkan @yahoo.com, @gmail.com, dan lain-lainya.

3. Televisi


Seperti yang kita ketahui dengan adanya televisi banyak orang bisa mengetahui informasi berita dan bisa menonton tayangan lain yang memberikan aspek edukasi atau hiburan.

LCD Proyektor

Alat ini mem[punyai kegunaan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan atau pesan yang biasa dipakai di dunia pendidikan misalkan di sekolah-sekolah maupun di universitas. Tidak hanya di dunia pendidikan tapi juga biasa digunakan dalam acara seminar atau training. Biasanya alat ini terhuung dengan PC atau laptop. Kehadiran alat ini untuk menyampaikan pesan merupakan sesuatu yang efektif dan mudah dimengerti oleh peserta atau murid di sekolah.

Kesimpulan 
seperti yang sudah ane bahas di atas, maka bisa disimpulkan bahwa teknologi zaman sekarang benar-benar melengkapi kekurangan yang ada pada teknologi zaman dahulu misalkan dari segi efektif dan efisiensinya. Tapi perlu diingat teknologi zaman sekarang harus benar-benar diawasi untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan teknologi itu sendiri.

1 komentar: