Minggu, 29 Oktober 2017

TUGAS SOFTSKILL 3 INOVASI SI&TEKNOLOGI


Apa Itu Teknologi Digital 
&
Pentingnya Teknologi Digital Untuk Bidang IT

   Tentunya tidak asing lagi bagi kita tentang apa itu "Teknologi Digital" karena perkembangan teknologi yang pesat di era sekarang ini. Pada topik pembahasan kali ini saya akan membahas apa itu teknologi digital dan apa seh pentingnya teknologi digital ini untuk bidang IT. 
   Teknologi digital merupakan teknologi yang berdasarkan sinyal yang berupa bilangan binner. Bilangan binner ini diubah menjadi kode dengan suatu maksud tertentu. Teknologi ini terdiri dari angka 0 dan 1. Pada teknologi analog, gambar dan suara diubah menjadi gelombang radio, maka teknologi digital mengkonversi gambar dan suara menjadi data digital yang terdiri dari angka 0 dan 1.
   Seperti yang kita ketahui bahwa banyak alat yang dada dalam kehidupan sehari hari seperti misalkan televisi, radio, komputer, dan telepon. Alat-alat ini pada mulanya ditemuklan dengan memakai sistem yang bebrbasis analog, tetapi karena adanya perkembangan teknologi dan penemuan teknologi digital sehingga alat-alat yang sederhana ini menjadi semakin canggih karena seperti yang kita semua ketahui kalau di era sekarang kebanyakkan pengoperasian alat-alat ini menggunakan sistem berbasis digital.
   Kelebihan yang sangat mencolok antara teknologi digital dengan analog adalah dalam hal visual. Dengan teknologi digital mampu menghasilkan grafis visual yang lebih akurat dan memiliki resolusi yang lebih tinggi. Teknologi digital juga tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu. Itulah yang meyebabkan teknologi digital lebih efektif dan efisiensi dibandingkan teknologi analog.
   Ssangat banyak implementasi teknologi digital pada era ini. Tidak hanya berupa internet saja. Beberapa implementasi dari teknologi digital adalah:
    - intranet;
    - mobile content;
    - mobile based software;
    - internet dan social media;
    - game software;
    - computer/desktop software;
    - ERP software;
    - dll

   Teknologi digital akan terus berkembang pesat. Pada masa yang akan datang perkembangan teknologi ini dipengaruhi tiga hal yaitu: transisi digital, konvergensi jaringan dan infrastruktur digital. Konvergensi jaringan yang terjadi adalah kegiatan di rumah-kesibukan perjalanan-pekerjaan kantor. Saat ini kita semua sudah tahu bahwa teknologi analog mengalami penurunan pertumbuhan, sedangkan teknologi digital mengalami kenaikkan. inilah yang dinamakan transisi digital.
   Era transisi itu ditandai dengan pertumbuhan induksi produk digital yang sangan cepat. Ketika industri digital tumbuh berkembang pesat, pada saat yang sama akan dialami berbagai perubahan yang sangat cepat. Khusus untuk konvergensi jaringan akan mengacu pada kecenderungan gaya hidup, misalkan waktu di rumah yang berfokus pada keluarga dan kesibukan perjalanan yang merupakan gabungan antara bekerja dan bermain. Dengan kecenderungan itu produsen produsen produk digital akan mengarahkan peluang bisnisnya ke sana. Produsen produk-produk digital harus mampu memberikan solusi komprehensif pada era konvergensi jaringan itu.

Pentingnya Teknologi Digital Di Bidang IT
   Di bidang IT teknologi digital sangatlah penting misalkan:
1. Catatan Gramophone perkembangan ke CD ke MP3
    Awalnya, piringan hitam sebuah alat yang memiliki pena yang bergetar untuk menghasilkan bunyi dari sebuah disc, alat yang diperlukan untuk memutar piringan hitam dinamakan Gramophone. seiring berkembangnya teknologi piringan hitam ini memiliki fungsi yang lebih yaitu untuk merekam suara ataupun video dan setelah itu berkembang menjadi CD. CD dibuat dalam usaha merampingkan media penyimpanan musik dengan memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan. Kemudian dari CD berubah menjadi MP3 dengan berjalannya waktu. MP3 ini dibuat guna untuk mempermudah dalam mendengar ataupun memutar video atau musik atau hasil rekaman.

2. VHS tape untuk DVD untuk Blu-ray
   Format baru untuk menyimpan data berupa video. Format ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan teknologi HDTV(High Definition TV) yang menjanjikan kualitas video yang jauh lebih tajam. Sekeping Blu-ray dengan single-layer mampu menyimpan data hingga 27GB. Dapat kita bandingkan dengan 2 jam video dengan kualitas tinggi atau sekitar 13 jam dengan kualitas video standar. Sedangkan untuk double-layer mampu menampung hingga 54 GB untuk sekitar 4,5 jam video dengan kualitas tinggi atau 20 jam dengan kualitas video standar. 

   Inilah 2 dari begitu banyak contoh yang menggambarkan begitu pentingnya teknologi digital dalam bidang IT. Masih banyak contoh-contoh lain yang dapat mendeskripsikan tentang pentingnya teknologi digital ini untuk bidang IT: E-Book, mail ke email, analog fotografi ke fotografi digital, E-KTP, E-toll, dan sebagainya.




1 komentar:


  1. tulisannya sudah cukup bagus, boleh ditambahkan kesimpulan agar memudahkan pembaca..

    BalasHapus