Sabtu, 28 April 2018

Jagalah Kebersihan



Jagalah Kebersihan
     Topik kali ini penulis ingin membahas tentang pentingnya menjaga kebersihan karena dengan kebersihanlah yang akan menjaga kita dari ancaman-ancaman penyakit yang datang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kebersihan.
     Yang pertama adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri sendiri seperti mandi 2 kali sehari, memotong kuku dan menggosok gigi akan membuat tubuh kita selalu bersih. Sehingga jika kebersihan telah didapat, maka tubuh kita akan menjadi sehat dan tidak akan mudah terserang oleh penyakit. Bukan hanya hanya kita tidak mudah terserang penyakit melainkan kebersihan diri sangatlah penting karena mencerminkan kepribadian seseorang. 
     Tidak hanya menjaga kebersihan tubuh, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Kebersihan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan karena jika lingkungan bersih kita pun merasa nyaman. Membersihkan seisi rumah dan lingkungan sekitar akan membuat lingkungan menjadi bersih dan tidak menjadi sarang bagi penyakit untuk tumbuh dan berkembang. Kita dapat melakukan beberapa cara untuk menjaga kebersihan seperti:
  • mengubur barang-barang bekas, 
  • menguras bak mandi,
  • menutup semua sumber air sehingga nyamuk tidak bisa berkembang biak di sana,
  • mengepel lantai setiap hari,
  • tidak membuang sampah sembarangan.
Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan

     Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.
     Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
  • Kita tidak mudah jatuh sakit.
  • Lingkungan menjadi lebih sejuk.
  • Bebas dari polusi udara.
  • Air dapat dikonsumsi untuk di minum.
  • Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.
Maka daripada itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, dan masih banyak lagi.
Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih.

Macam-Macam Penyakit Yang Timbul Jika  Kita Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan
     
     Sampai saat ini secara keseluruhan penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehata masyarakat (Kesmas) menyangkut program pemerintah tentang Kesling masih masih kurang efektif. Tingkat kesadaran masyarakat sangat kecil. Ini dibuktikan dengan masih tingginya kasus-kasus terjadinya penyakit yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan seperti: penyakit demam berdarah (DBD), malaria, diare, radang pernafasan, disentri, infeksi berbagi penyakit kulit dan masih banyak lainnya.

        Bagaimana cara mengajak orang-orang di sekitar kita untuk ikut serta..?
Kebersihan lingkungan sekitar rumah merupakan kewajiban seluruh warga, begitu pun kebersihan lingkungan sekolah kewajiban semua siswa, di kantor kewajiban seluruh karyawan. Dan mustahil terwujud jika tidak sama-sama menjaga. Dibutuhkan kesadaran dan keingin dari setiap orang untuk peduli pada lingkungan sekitar.

      Jadi mulailah dengan membuat perubahan dari diri sendiri, terkadang tanpa kita sadari banyak orang di sekitar yang memperhatikan apa yang kita lakukan. Baru kemudian lakukan pendekatan secara sistematis, pelan-pelan agar orang-orang di sekitar mau ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini memang tidaklah mudah. Berikan pemahaman-pemahaman yang bisa merubah cakrawala berpikir mereka.

       Demikianlah cara hidup bersih dan manfaat yang bisa kita dapatkan. Oleh karena itu, marilah kita semua menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan agar kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit yang mengancam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar