Selasa, 03 April 2018

Tugas Kedua Manajemen Layanan SI



Metode Yang Digunakan Manajemen Layanan Sistem Informasi
&
Kerangka Kerja(Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi



   Kali ini saya akan membahas tentang metode dan kerangka kerja manajemen layanan sistem informasi. Pada umumnya manajemen layanan sistem informasi menangani masalah-masalah operasional yang berkaitan dengan manajemen sistem informasi misalkan proses pembuatan software komputer untuk dijual. Sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatian bagi manajemen layanan sistem informasi.

     Ada beberapa metode-metode yang digunakan dalam Manajemen Layanan Sistem Informasi misalkan Total Quality Management (TQM), Six Sigma, Business Process Management(BPM)  dan Capability Maturity Model Integration(CMMI).

Framework Manajemen Layanan Sistem Informasi
Setelah membahas tentang metode yang digunakan oleh manajemen layanan sistem informasi, sekarang saya akan membahas tentang erangka kerja(framework). Kerangka kerja yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan Manajemen Layanan Sistem Informasi antara lain:
1. Information Technology Infrastructure Library (ITIL).
    Merupakan sebuah konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan serta operasi TI.    
2. Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
IT Governance Institute (ITGI) merupakan perusahaan yang mengeluarkan COBIT untuk pertamakalinya.Framework ini digunakan untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkanpengontrolan IT.
3. Software Maintenance Maturity Model
4. PRM-IT IBM's Process Reference Model For IT
5. Application Services Library (ASL)
6. Business Information Services Library (BISL)
7. Microsoft Operations Framework (MOF)

Kesimpulan yang dapat ditarik tentang framework manajemen layanan sistem informasi yakni masing-masing framework mempunyai kelebihannya masing-masing, seperti kelebihan ITIL mengenai konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi. COBIT mempunyai kelebihan mengenai pengelolaan, pengembangan dan pemeliharaan aplikasi. Dan apabila kita perhatikan di antara 2 framework ini terdapat salah satu framework yang lebih mendetai untuk meningkatkan IT atau menentukan sesuatu mengenai IT-nya yaitu framework COBIT, karena COBIT berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metrik, faktor kesuksesan dan maturity model sehingga kita dapat bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar