Selasa, 24 April 2018

TUGAS KE 3 SOFTSKILL



Produk layanan PT Telekomunikasi Indonesia
Indonesia Digital HOME (IndiHOME)


Nama: Paulina Maria Katharina (15116739)
            Iman Mulyawan Saputra(13116470)




         Studi kasus kualitas pelayanan dsan sistem informasi yang akan saya bahas adalah IndiHome (PT Telekomunikasi Indonesia).Dimana di era globalisasi saat ini teknologi telekomunikasi berkembang dengan sangat cepat, masyarakat di seluruh belahan dunia ini tidak pernah puas dengan apa yang namanya informasi  dan  komunikasi,  terutama  di  Indonesia  saat ini.  
                Awalnya layanan  komunikasi  yang  ada  di  Indonesia  saat  ini  di distribusikan dengan menggunakan kabel dan dengan penggunaan sinyal digital. Layanan Internet yang ada di   Indonesia   kebanyakan   pada   saat   ini   menggunakan   kabel   tembaga   sebagai   alat pendistribusiannya, sedangkan yang sama-sama kita ketahui bahwa penggunaan kabel tembaga dalam pendistribusian Internet memiliki kekurangan misalkan kekurangan itu adalah kecepatan data yang dialirkan masih tergolong sangat lambat. Pada saat ini sangat dibutuhkan kecepatan dalam proses telekomunikasi suara maupun pertukaran data (Internet), oleh karena itu  pada  saat  ini  PT  Telekomunikasi  Indonesia  (Telkom)  telah  gencar-gencar  nya  untuk  me imigrasikan penggunaan kabel tembaga menjadi kabel fiber optic dikarenakan kabel fiber optic ini  memiliki  kecepatan  pengantar  data  yang  jauh  lebih  cepat  apabila  dibandingkan dengan penggunaan kabel tembaga.
                Program yang sedang di kembangkan oleh PT. Telkom saat ini dikenal dengan nama fiber  to  the  home (  FTTH  ).  Oleh  karena  itu  demi  kepuasan pelanggan  PT.  Telkom menggunakan fiber  optic ini  sebagai  alat  untuk pendistribusian  data  ke  pelanggan. 
Indihome ini adalah sebuah produk layanan terbaru yang disuguhkan oleh PT Telkom untuk kepuasan para pelanggan dengan berbasis fiber optic.
                Adapun slogan dari indihome itu sendiri adalah 3P (triple play) yang terdiri dari :
·         Internet
·         Phone
·         Ip tv

      A.      INTERNET
           Internet merupakan salah satu paket yang disediakan pada indihome triple play.
Layanan internet pada paket indihome ini memiliki speed atau kecepatan internet dari 10 Mbps
sampai 20 Mbps. Layanan internet yang diberikan oleh PT Telkom ini sangat memuaskan
pelanggan yang menggunakannya.

        Kecepatan internet dari 10 Mbps sampai 20 Mbps ini bisa terwujudkan karena PT Telkom menggunakan kabel fiber optic sebagai alat yang mentransmisikan jaringan internet ke rumah pelanggan tadi. Karena sudah sama-sama kita ketahui bahwakabel fiber optic memiliki kecepatan dalam mentransmisikan jaringan internet bila dibandingkan dengan penggunaan kabel tembaga.

B.      Phone
             
      Penggunaan telephone rumah ini rata-rata masih menggunakan media transmisi berupa kabel tembaga, yang sama-sama kita ketahui bahwa dengan penggunaan kabel tembaga ini banyak sekali kekurangannya bila dibandingkan dengan penggunaan kabel fiber optic berikut beberapa kelebihan kabel fiber optic dibandingkan dengan kabel tembaga :
1. Kecepatan kabel fiber optic yang sangat tinggi dalam membawa informasi atau data. Kecepatan transfer data-nya bahkan dapat mencapai 1000 mbps.

2. Material yang dipakai untuk membuat kabel jaringan fiber optik memiliki keunggulan untuk bisa bertahan pada banyak gangguan seperti kelembaban udara dan cahaya (panas). Dengan begitu kabel fiber optik relatif awet karena tidak gampang rusak.


    Dengan kelebihan seperti itu kita sangat diberikan kenyamanan dalam menelpon, dan juga pada paket indihome ini kita juga diberikan bonus yaitu gratis nelpon sebanyak 1000 menit nelpon lokal maupun interlokal. 
 
      C.      IP TV
           Yang terakhir pada layanan INDIHOME ini adalah IP Tv atau interactive TV pada paket indihome ini lebih dikenal dengan sebutan Usee TV. Pada layananUsee TV ini kita dapat menonton live dan playback tayangan program tv kesayangan anda hingga satu minggu ke belakang. Usee Tv ini menyediakan 99 channel pilihan.
                   
Kelebihan indihome
adapun kebihan indihome seperti ini:
1.   Sinyal internet stabil
2.  Cepat 
3.  Cocok game online
4.   USEETV gambar jernih
5.   Habis kuota bisa top up mudah via my.telkom.co.id

Kekurangan indihome
kelemahan indihome yang perlu diperbaiki segera adalah :
1. Hilangkan paket pemaksaan ( triple play )
2. Hak pelanggan untuk downgrade ke speedy
3. Telepon suara ga jelas, ga pernah pakai tapi disuruh bayar
4. Paket unlimited mahal dan ada FUP
5. USEE TV tidak bisa nonton RCTI, GLOBAL TV, MNC TV
6. Sales indihome tidak transparant.
7

     Kesimpulan

Setelah penulis membaca kembali tentang studi kasus ini maka penulis menarik kesimpulan bahwa strategi produk dan harga produk Indihome yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia sudah cukup baik.  Hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis produknya serta biaya yang dikeluarkan oleh konsumen yang berlangganan produk Indihome lebih meminimalisir biaya pengeluaran tiap bulannya. Antara produk dan harga pun juga memiliki perbedaan dengan produk lain:
1.       Produk
      Produk Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, merupakan gabungan atau hasil bundling dari beberapa produk yang ada di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk diantaranya : layanan telepon tetap, layanan akses internet, layanan TV prabayar, dan speedy monitoring.
2.       Harga
   Harga terjangkau bagi konsumen yang ingin berlangganan.


Saran

    PT Telekomunikasi Indonesia harus mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kualitas jaringan telepon sehingga meminimalkan terjadinya gangguan pada telivisi dan kualitas suara pada telepon, dan peningkatan teknologi yang dilakukan agar menghasikan produk yang dapat digunakan pada beberapa televisi, sehingga produk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya agar produk Indihome dapat digunakan dengan beberapa televsi sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.
      PT Telekomunikasi Indonesia juga harus lebih memperhatikan service terhadap pelanggan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar